3 Cara Cek Shutter Count Fujifilm Paling Mudah

Pada artikel atau kesempatan kali ini, kami akan menyampaikan informasi serta memberitahu anda tentang cara cek shutter count Fujifilm. Untuk anda yang penasaran dan ingin mengetahui caranya, tenang saja.

Anda tidak perlu merasa bingung dan khawatir jika merasa penasaran karena anda hanya perlu membaca dan simak artikel ini sampai habis dengan cermat untuk mengetahui caranya.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui shutter count yang ada pada kamera, akan kami jelaskan. Yang dimaksud dengan shutter count adalah hitungan seberapa banyak foto yang diambil dengan menggunakan kamera.

Shutter count merupakan salah salah satu bagian penting dalam sebuah kamera. Pengguna kamera bisa memotret gambar dengan menekan bagian shutter count. Namun perlu anda ketahui bahwa shutter count juga memiliki batasan penggunaan.

Tidak berbeda dengan alat – alat elektronik lainnya bahwa setiap alat memiliki batasan dalam menggunakannya. Oleh karena itu, sebagai pengguna dan penikmat sebuah alat maka kita harus merawatnya.

Dengan merawatnya, barang atau alat yang kita punya akan lebih awet dan tahan lama ketika digunakan. Untuk mencegah kerusakan pada shutter count pada kamera, sebaiknya anda melakukan cek batas minimum dan juga batas maksimum pada shutter count tersebut.

Lalu bagaimana cara cek shutter count Fujifilm? Yuk simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui cara mengeceknya.

3 Cara Cek Shutter Count Fujifilm

Sebelum kami menyampaikan cara mengecek shutter count Fujifilm untuk anda, kami akan terlebih dahulu memberitahu anda bahwa jika nilai dari shutter count tersebut rendah berarti masih belum melebihi batas maksimum, sedangkan jika nilai dari shutter count itu tinggi berarti sudah melebihi batas maksimum.

Tidak perlu berlama – lama lagi dan membuat anda semakin penasaran, cara cek shutter count Fujifilm akan kami sampaikan untuk anda berikut ini.

1. Menggunakan Exif Viewer Online

Yang pertama, anda bisa menggunakan Exif Viewer Online dengan melalui sebuah web. Anda bisa membaca data file yang ada pada RAW hanya dengan menggunakan web tersebut. Menariknya lagi, anda bisa memilih mengakses web yang gratis maupun berbayar.

Dibawah ini merupakan website yang bisa anda gunakan.

  • http://shuttercounter.com/
  • http://regex.info/exif.cgi
  • http://eoscount.com/
  • http://nikonshuttercount.com/
  • http://camerashutter.com/

2. Menggunakan Exif Viewer di Android

Selanjutnya, anda bisa menggunakan aplikasi Exif Viewer jika tidak ingin ribet melalui website. Aplikasi tersebut tersedia di Google Play Store dan bisa anda unduh sekarang juga pada Hp anda.

3. Menggunakan Exif Viewer Desktop

Cara cek shutter count Fujifilm yang terakhir yang akan kami sampaikan adalah dengan menggunakan Exif Viewer Desktop. Anda perlu mengunduh software terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Menariknya, tanpa harus terhubung dengan jaringan internet anda bisa mengetahui shutter count pada Fujifilm.

Untuk bisa mendapatkan Exif Viewer dengan melalui desktop, anda bisa menggunakan website berikut ini.

  • http://www.astrojargon.net/EOSInfo.aspx
  • http://www.cocoawithchurros.com/iexifer.php
  • http://www.ideiki.com/astro/
  • http://www.opanda.com/en/iexif/

Baca Juga: 10+Keunggulan Lensa Bluecromic dan Photochromic

Kesimpulan

Nah itu dia cara cek shutter count Fujifilm yang bisa kami sampaikan untuk anda. Dengan mengikuti cara – cara tersebut, anda sudah tidak perlu khawatir lagi jika ingin mengetahui apakah shutter count kamera anda sudah melebihi batas atau belum.

Semoga apa yang kami sampaikan diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan komentar